Jumat, 17 April 2015

HAK ALLAH ATAS SETIAP HAMBA


http://sangaswaja.blogspot.com/2015/04/hak-allah-atas-setiap-hamba.html

 Apa hak Allah yang harus di penuhi semua hamba ?
Hak Allah yang harus dipenuhi oleh setiap hamba adalah hendaknya semua hamba menyembahNya dan tidak menyekutukan sesuatu apapun denganNya.
* Apa dalil atau dasarnya ?
Dalilnya adalah hadits Nabi SAW : 
" dari Mu'adz bin Jabal r.a ia berkata: saya pernah dibelakang Nabi saw. diatas seekor keledai lalu beliau bersabda :" hai Muadz, apakah kamu mengerti hak Allah atas hamba ? dan apa hak hamba atas Allah?" saya berkata: "Allah dan RasulNya lebih mengerti."Beliau bersabda : "Sesungguhnya hak Allah atas hamba ialah hendaknya mereka menyembahNya dan tidak menyekutukan sesuatu apapun denganNya, sedangkan hak hamba atas Allah ialah Allah tidak menyiksa siapa diantara mereka yang tidak menyekutukan sesuatu denganNya." (HR.Imam Muslim).
Diantara kewajiban -kewajiban yang paling mendasar atas semua hamba adalah mengetahui persoalan tujuan ia diciptakan, yaitu ibadah kepada Allah swt. Allah menciptakan mahluk ini hanya agar beribadah kepadaNya ,sebagaimana firmanNya dalam surat Adz-Dzariyat:56
" dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku"
Hak Allah swt, yang harus dipenuhi oleh setiap hamba itu besar, anugerahNya kepada hambaNya, sangat luas dan merata. Mereka diciptakan Allah dengan bentuk yang paling baik dan sempurna, melimpahkan kepadanya segala nikmat dan menunjukkan kepadanya agama yang benar, yaitu islam. Andaikata setiap hamba bersujud kepada Allah diatas bara api semenjak dunia diciptakan samapai hancurnya nanti, maka ia belumlah memenuhi hak nikmat islam dan iman yang dianugerahkan Allah padanya. Allah swt menganugerahkan nikmat-nikmat yang bersifat spritual dan material, dzahir dan bathin kepada setiap hambaNya yang tidak terbatas, yang andaikata lautan ini dijadikan tinta dan tanaman-tanaman dijadikan pena lalu dibuat menulis jumlah nikmat Allah kepada hambaNya, tentu akan habis sebelum mampu menghitung satu persen dari nikmat Allah . Allah swt berfirman :
" Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghitungnya" QS.14.IBrahim:34
"Dan Dia menyempurnakan untukmu nikmatNya lahir dan batin" QS,31 Lukman:20
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar