Selasa, 21 April 2015

SIAPA MENGENAL DIRINYA MAKA IA MENGENAL ALLAH

http://sangaswaja.blogspot.com/2015/04/siapa-mengenal-dirinya-maka-ia-mengenal.html
 Pengertian kalimat siapa mengenal dirinya maka ia mengenal  Tuhanya” yang tersebut dalam  atsar, ialah mengenal diri sendiri merupakan suatu cara mengenal Allah swt.
Apabila manusia seperti kita merenungi kelemahan dirinya, keterbatasannya, kebutuhannya, dan ketidak berdayaannya menarik kemanfaatan untuk dirinya dan menghindari dirinya dari bahaya, maka ia akan  mengetahui bahwa ia memiliki Tuhan dan pencipta yang mandiri dalam menciptakannya, mandiri  dalam  membantunya mengatur dan mengendalikannya, kemudian ia sadar bahwa ia hanyalah seorang hamba  yang serba terbatas  dan semua persoalannya di tangan lainnya, yang tiada lain adalah Allah, yang  Maha Mulia dan Maha bijaksana.
Demikian juga halnya manusia jika mau berfikir tentang permulaan penciptaannya, ia asalnya tidak ada laludi jadikan (diwujudkan) oleh Allah swt. Dengan kemurahanNya semata, Allah menciptakan dari setetes  air dan nuthfah  (zigot) yang busuk, kemudian membentuknya, membuka pendengaran dan penglihatannya hingga menjadikannya dalam bentuk  yang sangat baik, memperindahnya dengan sifat-sifat mulia dan derajat-derajat yang tinggi  baik bersifat keagamaan maupun keduniawian
Sebagaimana firman Allah swt dalam surat 23 Al-Mu’minun : 12-14)
" Dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. kemudian kami jadikan sari pati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim), kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. kemudian kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik. "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar